Pertemuan 3 tanggal   24  juli 2012

PENGETAHUAN BERPIKIR KREATIF DAN KRITIS

Pengetahuan ilmiah terdiri dari rasio dan indra, hal yg menyangkut keagamaan melampaui rasio dan indra termasuk iman, iman bg seorang intelektual adlah keterbukaan thd kebenaran. Itulah iman intelektual.

Iman dlm keagamaan bermacam macam,pd intelektual iman adalah keterbukaan thd kebenaran, kebenaran bukan dibuat tapi ditemukan. knp? Krn ilmu hrs berdasarkan pd kebenaran, kebenaran bukan dibuat tp ditemukan. Co: hukum gravitasi tdk ditemukan siapa2 tp ditemukan oleh newton pd saat buah jtuh ke bawah.

Apa beda seorang intelektual dgn seorang awam melihat gejala, buat sorg awan sebuah peristiwa dianggap biasa tp bg intelktual setiap peristiwa dia ingin tahu mengapa dan bagaimana? Newton adalah org yang berpikir knp buah jatuh ke bawah diantara org yg pernah melihatnya. Ia lah yg memikirkan knp buah jatuh kebawah bukan jatuh keatas. Bagi org awan biasa berpikir gila, kita sadari apa sb awan atau intelk. best instructor ialah kesadaran, oh..sy saat ini masih berpikir awam, kesadaran ini akan memacu kita bergerak kedepan utk jd intelek, Hal hal yg sama dilihat oleh biasa ttp bg intelktual akan menanyakan how and what.

Intelektual exercisenya ialah kita harus mulai bertanya how and why, tp pertanyaan mendalam kpd kita sendiri apakah kita awan atau intelektual, merasa awam atau berpura pura, kan begitu? Pengakuan ini akan membawa kita bangkit krn paling sulit bg seorang adalah mengakui diri scr obyektif,biasanya kita mengakui diri kita dgn bunga rampai yg tdk jelas,  co : sbg saya seorang polisi perwira mengapa dan bgm saya dalam posisi spt itu dan bgm hrs melakukanya? Kl begitu beratrti sdh masuk kealam intelektual, Berarti sdh berpikir intelek.sdh mulai masuk s2. Untuk menerapkan ilmu kita maka kita perlu org lain. Sebagai seorang magister ( latin=memiliki kemampuan mengajar –mampu tularkan kpd org lain) .

apa beda pengetahuan ilmiah,keagamaan dan seni? Td sdh sampai pd keagamaan yaitu Iman , iman kita tdk dpt mendefinisikanya, tp iman ilmiah adalah keterbukaan thd kebenaran, co : apa unsure utama dr Allah, bukankan kebenaran juga, kebenaran diungkap sedikit demi sedikit, iman kita berkembang atau stagnan ?,berkembang? Ini kebenaran intelek membesarkan iman,  intelk kita membesarkan tuhan kita krn iman berkembang.

Bgm dgnseni, seni itu sbg estetika yg terdepan dpt menyelimuti atau kadang-kadang abaikan /kamuflase hal hal lain seperti rasio dan indra,itulah seni  krn bagi  seni maka estetika yg plg depan.

Ilusi adalah pengalaman indera yg tidak nyata,ada perangsangnya, co : membayangkan luna tp datang isteri kita

Halusinansi : pengalaman indera yg tidak ada perangsangnya/stimulus atau bergerak sendiri.

(menit 23) Kesadaran ada kesadaran awareness dan kesadaran dari pingsan, tidak waras tdk sama dgn halusianasi, tdk sadar juga bukan halusinasi, jd halusinasi indera bergerak tnp rangsangan,halusinasi tdk lewat mata.

Waras >< gila, sadar>< pingsan, halusinasi><belum ketemu kosok balinya_lawan kata? Halusinasi jelas bg dia tp rangsangan tdk ada, dia melihat pd masa sekarang..jd yg bisa ditarik kesimpulan dari bahan ini

Jangan menyamakan kat dgn kata yg tidak sama krn setiap kata memiliki pengertian…..utk tesis yg bagus…..

Berpikir kritis dan kreatif

Apa yg dimaksud berpikir kritis?  Berpikir kritis adalah berpikir menuju kebenaran ,berpikir tingkat tinggi, tidak sekedar a menyebabkan b, tapi a bisa menyebabakan b ,c, d atau a bisa langsung ke d, dsb, tapi dia harus memiliki unsure pokok yaitu argumentative. Apa makna dr argumentative..alasan..coba lihat kamus dr bahasa Indonesia ke bahasa Indonesia….

Bila kita ingin menjelaskan sebuah makna dari sebuah kata pastilah tdk dgn sebuah kata, kl jelaskan dgn 1 kata berarti kata yg sama, jd kl kita berpikir ttg argumentative maka pasti tdk sempurna,ilmu tdk sempurna……..kl berpikir argumentative maka didalamnya ada penjelasan mengenai atau apa kata yg dikemukakan.  Itlulah argument…penjelasan kata yg dikemukakan

Kata kreatif dia selalu mengandung pengertian peningkatan makna dr sesuatu, jadi kritis dan kreatif berarti dia argumentative dalam meningkatkan makna sesuatu, sdgkn kebenaran suatu makna bertopang pd bentuk dan proses serta isi pemikiran, jadi kebenaran itu harus berdasarkan bentuk ,proses, dan isi YG BENAR,  jadi ini yg kita kenal dalam pembuaan skripsi sbg silogisme ( ada premis umum,khusus dan penarikan kesimpulan).

Ada dalam skripsi si A katakan polisi bermanfaat bg keamanan ,si B mengatakan  polisi bermanfaat bg keamanan maka si A=B, slahkan kl pemikiran td, si A belum tentu dgn B ,yg sama adalah pendapat mereka, apakah pendapat mereka itu jujur,itu adalah isi pemikiranya bisa jadi si A memberi statement itu karn rasa demikian, dan bisa jadi si B krn dia bawahan kamu. Terasa ngak bahwa skripsi kita masih pengambaran yg banyak kekeliruanya. Nanti yg kita buat adalah tesis.

Kata itu memberikan pengertian, nama itu dulu ada artinya skg tdk lagi, jika saya berkata bagus ada ngak pengertianya , kl kata bagus itu bisa apa aja, kl ditambah didepanya kata wajah , bertambah luas atau sempit, jd pengertian dgn kata yg panjang maka artinya makin sempit krn dia terikat pd suatu benda atau situasi tertentu. co : wajah si A ( makin focus ), co : wajah ketua kelas bagus krn hidung mancung …..jadi kebenaran itu ditemukan bukan dibuat. Jd kalimat itu kalau sdh panjang disebut kalimat berita, kl lebih panjang lagi disebut argument.  Tentu saja kembali ke pengertian td bahwa bentuk ,proses pemikiran itu koheren.

Jadi ada kata, kalimat dan rangkaian kalimat,  bila masuk pd kata hanya pd pengertian dan bila masuk pd kalimat artinya kita mencoba menjelaskan sesuatu , tp bila makin komprehensif kita sebut dgn argument.

Tidak bisa katakana konsep hanya dengan 1 kalimat, 1 kata teori pengertian hrs kita urai, pd waktu akan diberi pengertian pasti akan masuk kalimat berita, bahkan pd umunya org sdh masuk  ke argument menjelaskan apa teori . satu kata pasti mewakili pengertian.

Sebuah nama ballpoint adalah bagian dr alat tulis tp alat tulis bisa pensil-balpoint-spidol, jd hati 2 menyebut sebuah pengertian spy bisa spesifik krn generilasasi  bisa timbul salah pengertian, co :alat tulis kita maknai ini sipembaca maknai lain.

Berusaahalah gunakan kata spesifik…………………Kita sbg intelektual harus bisa menjelaskan,mengurai dan mengambil konklusi itulah disebut dgn playing of words, ilmu dan kehidupan ini didasari pd playing of words.

Bila kita negative thinking hati2 permainan kata2 terus artikan kata bohong , bukan memainkan kata2 , ada 5 kata saya jadikan satu mempunyai kalimat berita co: saya kemarin makan sate-4 kata menjadi kalimat berita tp kita belum spesifik,  kemarin saya lihat bapak makan sate di depan flat , jd jam brp bapaak makan sate itu  jam 5,  jd kl ingin spesifik lg saya makan sate jam 13.00- sate apa yg dimakan lebih spesifik lg, sate kambing ..bukan ternyata lebih spesifik lg saya makan sate telur puyuh, jd kata yg tidak spesifik menimbulkan kerancuan makna atau pengertian ganda.

Halusinasi itu tanpa obyek…..hal hal yg bersifat rasional pd otak kiri sdgkn gagagsan berada pada otak kanan, bila kita berbicara ttg pemikiran sdh gagasan dan irasional berinterplay, informasi pd hasil penelitian disimpan pd kulit otak, seorang seniman dpt ide adalah produk pd otak kanan, pd waktu mulai karang sebuah lagu maka otak kiri mulai berperan, jd hasil kerja selutruh otal , seorang polisi  yg dating ke TKP dpt mulai dr intuisi berklanjut pd rasionalisasi.

 

Pengertian dikembangkan oleh kata2 …kata2 ini biasanya disusun dlm kalimat, kemudian kumpulan kalimat2 dalam satui kelompok dgn symbol yg dipahami bersama disebut sbg bahasa, jd kalau otak adalah hardwarenya sdgkn softwarenya adalah kata2 atau bahasa. Skg kita sadari apakah sdg berpikir bahasa Indonesia, belum tentu mgkn sdg berpikir bhs jawa lalu kita terjemahkan dlm bahasa Indonesia.

SIDE B

Pada dasarnya manusia berpikir dgn sarana kata kata, saat ini kita berpikir tp kita tdk tahu kl berpikir dgn kata kata , jd kebenaran itu ditemukan , jd setiap argument adalah playing of words. Ada kata tunggal pengertianya tunggal, ada majemuk pengertianya tunggal mata mata co : makan siang, kupu-kupu, hidung belang. Kata tunggal pengertian majemuk co : bisa.bisa ular dan bisa dapat.

Bila kita ingin memberi nilai pd sebuah kata itu adalah kekeliruan, Sebuah kata menjadi positif dan negative tergantung pada konteksnya,kontels itu tergantun pada situasi dan konisi. Menilai masa lalu harus pd kondisi masa lalu, co : kl beristeri lebih dari satu berarti negative pd saat ini kl dulu mngkn  positif. Jadi apa yg baik skg belum tentu baik pada masa yg dulu.  Jadi dalam ambil kesimpulan logikanya jgn lompat, co : krn  saya lapar saya makan, belum tentu , banyak factor lain yg menyebabkan tdk makan.

Kata seperti belum tentu sama, tp hanya mirip, jd relative tdk ada kata yg sama dalam permainan kata, krn dalam bhs jawa beda unsurnya mangan sama dahar, pasti subyeknya berbeda , kl bahasa sunda melebok, tp kl sdh mangan berarti itu dikalangan bawah, tp kl dahar dikalangan lain, jd tdk ada kata yang artinya sama.

 jd kebenaran tdk hanya dpt  dr ilmu tp kebenaran keilmuwan bisa ditelusuri kembali. Co : mengusir setan pdorg kesurupan, saya hanya mohon pd keilahian utk lepaskan, dan lepas, saya tdk tahu caranya itu bukan golongan  ilmu, jd kita bisa bedakan  mana kebenaran keilmuwan, common sense, keagamaan, keilahian….satunya jawaban ttg keilahian…. saya tidak tahu…apakah kita yakin yakin tapi tdk bisa membuktikan…itulah kebenaran keilahian

Iklan