MEMPERBAIKI MOBIL SETELAH TERKENA BANJIR

BEBERAPA komponen penting seperti rem Anti-lock Braking System (ABS), Traction Control (TCR), airbag, dan cruise control harus segera dicek dan diganti jika memang ada yang rusak. Andai stok komponen baru belum ada, komponen lama harus dinonaktifkan. Ini penting untuk mencegah komponen berfungsi secara tiba-tiba. Misalnya, airbag tiba- tiba mengembang karena sistemnya tidak berfungsi secara sempurna.

Rem ABS adalah sistem rem anti-terkunci. Sistem ini bekerja pada pengereman mobil untuk mencegah terjadi penguncian pada roda saat terjadi pengereman mendadak. ABS akan bekerja menggunakan sensor saat roda mengunci setelah terjadinya pengereman mendadak. Saat membaca ada roda yang mengunci, sensor akan memberi perintah kepada piston rem untuk mengendur dan mengencang kembali saat roda berputar. Proses itu berlangsung sangat cepat, mampu mencapai 15 kali setiap detik. Hasilnya, mobil dapat dikendalikan dan jarak .pengereman makin efektif. Oleh karena itu, fungsi sistem pengereman ABS tidak bisa dianggap remeh, terlebih saat berkendara di kondisi jalan yang licin.

TCR berfungsi untuk menghindari wheelspin. Wheelspin adalah suatu kondisi ketika roda belakang mobil berputar lebih cepat dari semestinya. Hal ini terjadi karena tenaga dari mesin yang diterima oleh roda belakang melebihi kemampuan grip ban. Grip muncul akibat fungsi dari sifat karet ban dan tekanan ke bawah mobil yang berasal dari bobot mobil itu sendiri atau downforce (gaya tekan ke bawah pada saat mobil melaju).

Cruise control merupakan sistem elektrik yang berguna menjaga kecepatan kendaraan secara konstan. Ini membantu pengemudi menjaga kecepatan tanpa harus menginjak pedal gas saat berkendara jarak jauh. Jika sensor menilai mobil mulai melambat, komponen ini akan menarik kabel gas agar mobil dapat kembali ke kecepatan awal. Bisa juga dengan membuka throttle secara elektronik jika mobil sudah menggunakan sistem driveby-wire. Sebaliknya, bila menghadapi jalan menurun yang membuat laju mobil bertambah dengan sendirinya, cruise control akan menghentikan input bahan bakar sehingga kecepatan mobil tetap terjaga. [ACH]

Iklan