PADA 23 Maret 1840, ilmuwan Amerika kelahiran Inggris, John William Draper, membuat foto bulan yang sukses untuk pertama kalinya. la sudah mencoba hal tersebut sejak akhir tahun sebelumnya. Foto diambil menggunakan peranti yang disebut “daguerreotype”. Alat yang menggunakan pelat tembaga perak ini adalah cikal bakal fotografi modern.

Daguerreotype merupakan hasil rancangan perintis fotografi asal Perancis Louis Daguerre berkolaborasi dengan Nicephore Niepce pada 1839. Kamera buatan Daguerre dan Niepce ini membutuhkan waktu eksposur selama 15 menit untuk menghasilkan gambar pada pelat tembaga perak.

Draper adalah seorang guru besar kimia pada Universitas New York, New York City. Penelitiannya terhadap efek cahaya terhadap bahan-bahan kimia membawanya kepada fotografi. la juga menghasilkan gambar fotografisnya dengan hasil cukup memuaskan pada 1839. la menghasilkan sejumlah kontribusi ilmiah yang penting di bidang energi radian, fotokimia, fotografi, dan telegrafi listrik. la juga berjasa membuka jalan bagi analisis spektrum.

Iklan