BOS L’OREAL JADI WANITA TERKAYA DI DUNIA

Quote: Sebanyak 1.426 orang didaulat menjadi orang terkaya di muka bumi, 138 di antaranya adalah wanita. Jumlah ini naik jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang sebanyak 104 wanita.

Seperti dilansir Forbes, Selasa (5/3/2013), predikat wanita terkaya untuk 2013 ini disabet oleh Liliane Bettencourt. Wanita berusia 90 tahun ini adalah pemilik 30 persen saham perusahaan kosmetik yang sudah mendunia, L’Oreal.

Kekayaannya di akhir 2012 adalah USD30 juta, naik sebesar USD6 miliar dari posisi di tahun sebelumnya. Naiknya harga saham L’Oreal membuat dia kembali masuk dalam daftar 10 besar orang terkaya di bumi ini sejak 1999 lalu.

Bettencourt adalah seorang janda yang menderita demensia, posisinya di dewan L’Oreal digantikan oleh cucunya, Jean-Victor Meyers. Pada 2011, hartanya diputuskan berada di bawah perwalian putrinya, Francoise Bettencourt-Meyers, setelah proses hukum selama tiga tahun.

Posisi wanita terkaya kedua, adalah Christy Walton. Dia adalah istri dari John Walton, pemilik Wal Mart yang meninggal akibat kecelakaan pesawat pada 2005 silam. Kekayaannya mencapai USD28,2 miliar, naik sebesar USD3 miliar seiring kenaikan harga saham Wal Mart.

Sementara posisi ketiga masih ditempati oleh wakil dari keluarga Walton, yakni Alice Walton. Dia adalah anak dari Sam Walton, yang bersama dengan saudaranya, John Walton mendirikan Wal Mart pada 1962. Di daftar orang terkaya, Alice menempati peringkat 16 dengan kekayaan sebesar USD26,3 miliar.

4. Iris Fontbona dengan kekayaan USD17,4 miliar.
Dia adalah istri dari miliarder Andronico Luksic yang meninggal akibat kanker pada 2005. Dia menggendalikan Antofagasta, tambang tembaga terbesar di dunia.

5. Georgina Rinehart, USD17 miliar.
Pengusaha tambang asal Australia ini adalah wanita terkaya di Asia Pasifik.Pada tahun lalu, kekayaannya tergerus USD1 miliar akibat turunnya harga bijih besi.

6. Jacqueline Mars, USD17 miliar.
Jacqueline bersama dua saudaranya adalah generasi ketiga pemilik Mars Inc, perusahaan produsen permen terbesar di dunia dengan penjualan mencapai USD33 miliar.

7. Susanne Klatten, USD14,3 miliar.
Dia adalah wanita terkaya di Jerman sekaligus adalah pemilik 12,6 persen saham dari produsen mobil mewah, BMW yang diwarisi dari ayahnya, Herbert Quandt yang menyelamatkan perusahaan tersebut dari kebangkrutan satu dekade lalu.Dia bersama-sama ibu dan saudaranya menguasai 50 persen saham BMW.

8. Abigail Johnson, USD12,7 miliar.
Presiden Fidelity Financial Services, merupakan perusahaan aset menajemen, broker, dan pengelola dana yang merupakan anak usaha Fidelity Investment yang didirikan pada Agustus 2012 lalu. Hal ini menjadikannya kandidat terkuat menjadi CEO Fidelity ketika CEO sekarang, ayahnya, Edward Johnson mengundurkan diri.

9. Miuccia Prada, USD12,4 miliar.
Legenda fashion, Miuccia Prada bersama suaminya Patrizio Bartelli menjalankan perusahaan produsen luxury goods, Prada. Pada 2012 lalu, dia membuka satu gerai di Abu Dhabi dan Kuwait. Prada dikabarkan tengah mencari partner untuk ekspansi ke India.

10. Anne Cox Chambers, USD12 miliar.
Dia adalah anak dari pendiri Cox Enterprises James M Cox. Perusahaan ini sekarang telah berkembang dan memiliki banyak anak usaha, antaranya, Cox Coomunication, Cox Media Group, Manheim dan AutoTrader.com.

Iklan